Rabu, 13 Agustus 2014

CARA PENGEMBANGAN IKAN LELE DENGAN BIAYA HEMAT

Salah satu ikan yang memiliki permintaan cukup bagus di pasaran adalah ikan lele, hanya saja ikan ini sangat membutuhkan pakan yang tidak sedikit bahkan cenderung rakus untuk pengembangannya. Namun ada teknik tertentu bagaimana supaya pelet yang anda berikan untuk pakan lele anda bisa hemat dengan hasil yang maksimal :
Buat pelet sendiri
Jika ingin pakan anda lebih hemat maka anda bisa bikin pelet sendiri, sehingga anda perlu memiliki mesin untuk membuat pelet. Juga menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pelet seperti tepung, ikan kering untuk digiling. Dengan memiliki mesin pembuat pelet sendiri maka anda bisa menghemat pakan ikan lele secara siginificant.
Kombinasi dengan kandang kelinci
Kotoran kelinci yang bulat-bulat hampir menyerupai pelet, sehingga ikan lele menyukainya. Anda bisa membuat kandang kelinci di atas kolam lele, sehingga anda bisa menghemat pakan. Namun ketika akan dikonsumsi ikan lele harus dipindahkan ke kolam yang lebih bersih dan sementara pakan pelet nya dikurangi, jika perlu jangan diberi makan ketika akan dikonsumsi.
YALE Essential Padlock [YE1/20/111/4]
Atur jadwal makan
Anda sebaiknya juga mengatur jadwal ketika memberi makan, suatu misal hanya diberikan pagi dan sore hari. Sehingga anda tidak terlalu boros dalam memberikan pakan, namun dengan pertumbuhan yang diinginkan. Ikan lele cenderung rakus ketika diberi makan sehingga berapapun anda beri pakan akan dimakan habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar