Selasa, 02 Juni 2020

MENGAPA BANYAK PERUSAHAAN MLM DI INDONESIA TIDAK BERTAHAN LAMA

  Jika melihat kebelakang sejarah perusahaan multilevel marketing (mlm) di Indonesia, seperti Amway, CNI, Herbalife, dan masih banyak lagi perusahaan lainnya. Mengapa perusahaan tersebut khususnya di Indonesia tidak dapat bertahan lama, dan ketika ada perusahaan mlm yang baru kemudian tumbuh berkembang yang akhirnya juga tidak bertahan lama. Banyak sebab mengapa perusahaan mlm tersebut terus berguguran, berikut ini diantara penyebabnya.

Omset Terus Menurun
Banyak perusahaan mlm tumbang karena omsetnya terus menurun, ketika biaya operasional sudah tidak bisa tertutup lagi maka pelan namun pasti perusahaan mlm tersebut akan mati. Omset yang menurun dapat terlihat dari bonus yang diberikan kepada member bisnis mlm tersebut juga terus merosot dan pada akhirnya perusahaan mlm tersebut gugur.
Member Selingkuh
Member yang selingkuh ke perusahaan mlm lain, khususnya member yang sudah menjadi top leader bisa menjadi penyebab sebuah perusahaan tidak dapat bertahan lama. Akibatnya terjadi migrasi member besar-besaran dari satu perusahaan mlm yang satu ke perusahaan yang lain. Member yang selingkuh ini dalam dunia mlm sering disebut sebagai kutu loncat, dari perusahaan yang satu ke perusahaan yang lain.
Kalah Dengan Produk Konvensional
Salah satu penyebab perusahaan mlm tidak bertahan lama karena produk yang kalah bersaing terutama dengan produk konvensional. Produk mlm memang terkenal jauh lebih mahal dibanding produk konvensional, meskipun mengklaim kualitasnya sangat baik. Namun fakta tidak bisa dipungkiri bahwa produk sejenis milik perusahaan konvensional jauh lebih murah. Ini yang menjadikan sebuah perusahaan mlm akhirnya tumbang juga seiiring perjalanan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar